Sunday, November 25, 2012

Project # 1 Autism School Centre

Sigitpramana - ARCHITECTS.


Project type : Autism School Centre
Architect : Sigit Pramana Putra
Client/owner : Mrs. Endy Marlina ST ., MT
Location : Kaliurang - Yogyakarta - Indonesia
Site Area : 2500 m2
Gross Floor Area : 400 m2
Status : Fixed STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR III


Bangunan ini berfungsi sebagai sekoalah untuk anak yang berkebutuhan khusus (AUTIS). Ini merupakan kondisi eksisting site : dengan luas lahan 50x50 m2 serta KDB=400M2, daerah kaliurang merupakan daerah resapan air sehingga diperlukan space banyak untuk dapat meresapkan air.


Fungsi Ruang utama sebagai pendidikan, dimana terdapat untuk Ruang Public, seperti entrance, Perencaan lobby, ruang tamu, ruang tunggu anak, dan receptionist, semua dapat di akses untuk umum, kemudian semi public meliputi ruang administrasi, ruang dokter untuk konsultasi, ruang konsultasi orangtua, dapur untuk pegawai, dan gudang untuk menyimpan barang-barang, kemudian terdapat pula zona private atau pendidikan, terdapat ruang kelas, & ruang guru serta kepala sekolah. dimna ruang - rung ini memilki interaksi yang saling berkaitan dan sangat erat. konsep hubungan ruang merupakan bagaimna pelajar autis agar tetap nyaman dan orangtua dapat mengawasi anaknya.

 Begitu pula dengan bagian lantai II, karena bangunan ini dengan desain dua lantai, lantai II di khususkan untuk zona edukasi, dengan fungsi ruang kelas talenta, ruang makan bersama, ruang perpustakaan, dan ruang komputer, 



























 (Studio Perancangan Arsitektur II) RESUME KEUNGGULAN KARYA STUPA II
Sigit pramana putra 5105211035 (kelas a)
·         Sistem struktur
Penggunaan sistem struktur pada bangunan lantai 2 ini berbentuk grid, dimana beban dapat di destribusikan secara merata pada kedua arah bentangnya, sehingga bangunan ini mempunyai kekuatan yang lebih besar baik tiu di betangan yang lebar.
·         Material beton pada struktur
Beton digunakan sebagai material struktur bangunan dimana beton sangat berperan penting dalam kekuatan bangunan, sehingga  dalam proses pengerasan kelembaban beton harus tetap dipertahankan. Beton memiliki nilai kuat tekan yang lebih tinggi dibandingkan kuat tariknya.sehingga pada bangunan ini perlu di tambah tulangan baja yang kuat untuk menerima gaya tarik. Sedangkan  dari segi biaya, beton menawarkan kemampuan tinggi dan harga yang relative rendah, Beton hampir tidak memerlukan perawatan dan masa konstruksinya mencapai 50 tahun serta elemen konstruksinya yang mempunyai kekakuan tinggi serta aman terhadap bahaya kebakaran.
·         Atap
Bangunan ini menggunakan kontruksi rangka atap kayu dimana sifat kayu yang kompatibel terhadap elemen struktur lain, missal terhadap beton. Kayu yang digunakan merupakan kayu kelas awet no I.
Penutup atap menggunakan genteng tanah liat, yang mampu meredam panas, dengan di cat coklat kemerahan saat finishing.
·         Plafon  kayu
Plafond yang digunakan adalah plafond kayu, dimana konsep alam di munculkan pada bagian plafond dengan pasanagn kayu diharapkan rumah akan menjadi lebih sejuk karena dapat menimbulkan rasa dingin dengan adanya kayu, untuk kualitas jelas plafond kayu sangat terjamin kualitasnya.

·         Dinding
Penggunaan dinding bata merah pada bangunan dimana dinding lebih kokoh dan kuat, juga berfungsi sebagai insulasi yang mampu meredam panas.
·         Lantai kayu
Lantai yang digunakan ,merupakan lantai kayu, diamana wood floring sejuk waktu panas, hangat waktu dingin, indah dan anggun, nyaman, akrab, tidak masuk angin kalau ditiduri, tahan noda dan tahan goresan, tidak berubah warna, tahan api rokok dan memilki keawetan yang tahan lama.
·         Tangga
Material beton pada tangga agar tangga lebih kuat untuk menerima beban, dan dengan difinishing menggunakan lantai kayu agar sejuk dan nyaman, dan dari segi estetika pun sangat indah. Ralling tangga menggunakan kayu agar saling kontras dengan elemen penutup lantainya.
·         Podasi foot plat pada bangunan kost
Penggunaan pondasi foot plat, karena bahan dan waktu pengerjaan lebih efisien, tidak mudah mengalami keretakan atau patahan pada pondasi, sehingga struktur beton bangunan dapat di tahan secara baik oleh pondasi ini.
·         Estetika
Penggunaan material alam pada bangunan dan juga dengan permainan lampu sorot, menjadikan satu estetika sendiri baik siang dan malam hari. Permainan lighting yang terasa hangat ketika malam hari, dan permainan bukaan dan lantai yang dapat terasa sejuk ketika siang hari. Dengan penambahan elemen bamboo pada bangunan di terjemahkan agar bangunan tersebut lebih terasa dingin dan nyaman. Dimana bangunan ini yang berkonsepkan akan alam yang dapat memberikan keselarasan  dengan alam sekitar.
·         Fungsional
Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal dan kost-kostan dimana kenyamanan dan keamanan sangat dipertimbangkan, dengan pemilihan jenis material yang dapat menyamankan penghuni, seperti penggunaan lantai kayu, kolam dsb. Segi keamanan bangunan ini memilki system struktur yang mampu menahan beban dan menyalurkan beban secara merata dan meneruskanya keadalam tanah dengan di bantu pondasi foot plat dan batu kali untuk menahan bangunan ini.











No comments:

Post a Comment

sigitpramana - ARCHITECTS.

Powered by Blogger.
 
Return to top of page Copyright © 2010 | Sigit Pramana Putra Converted into Blogger Template by HackTutors